Oleh: D. Hamdani

Seorang ulama berkata

Diantara bukti bahwa kita mencintai sesama

Adalah engkau mendoakan kebaikan untuknya

Tanpa sepengetahuannya
Rasulullah tercinta bersabda

Iman yang sempurna

Tertanda bahwa cinta pada sesama

Sebaik cinta pada dirimu semata (1)
Ada tiga perkara

Dimana manisnya iman akan terasa

Pertama, Allah dan Rasulnya yang semata dicinta

Kedua, mencintai sesama sebaik mencintai dirinya

Ketiga, membenci kekafiran yang terasa

Sebagaimana bencinya dilempar ke neraka (2)
Seseorang yang saling mencinta

Karena keagunganNya

Maka Dia akan memberi naunganNya

Di hari dimana naungan tiada kecuali naunganNya (3)
#Sukaasih, 26 Feb 2017
—–

(1) Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Salah seorang di antara kalian tidaklah beriman (dengan iman sempurna) sampai ia mencintai saudaranya sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri.” (HR. Bukhari no. 13 dan Muslim no. 45)

(2) Dari Anas radhiallahu ‘anhum dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Ada tiga perkara, barangsiapa yang tiga perkara itu ada di dalam diri seseorang, maka orang itu dapat merasakan manisnya keimanan yaitu: jikalau Allah dan RasulNya lebih dicintai olehnya daripada yang selain keduanya, jikalau seseorang itu mencintai orang lain dan tidak ada sebab kecintaannya itu melainkan karena Allah, dan jikalau seseorang itu membenci untuk kembali kepada kekafiran setelah diselamatkan oleh Allah dari kekafiran itu, sebagaimana bencinya kalau dilemparkan ke dalam api neraka.” (Muttafaq ‘alaih)

(3) Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Sesungguhnya Allah Ta’ala berfirman pada hari kiamat: “Manakah orang-orang yang saling cinta-mencintai kerana keagunganKu? Pada hari ini mereka itu akan diberi naungan pada hari tiada naungan melainkan naunganKu sendiri.” (HR. Muslim)

Iklan